Arsip Blog

SELAMAT DATANG DI BLOG KU, BERIKAN KOMENTAR MU YA

DAFTAR ISI

Rabu, 04 Januari 2012

Advertisement
Panduan Belajar Statistik Modern dan KomputerStatistik adalah ilmu dan seni untuk mengumpulkan, mengorganisasikan, menganalisis, menginterpretasi, dan menyajikan data sehingga dapat diambil suatu kesimpulan atau keputusan.
Dalam buku ini pengetahuan dan keterampilan menggunakan statistik akan diperoleh dengan langsung dipraktekkan. Mahasiswa atau pembaca diharapkan mengikuti modul ini dengan mengikuti latihan yang disajikan. Pengertian diperoleh dari pengalaman tersebut. Dalam kehidupan modern di mana pengetahuan komputer sudah begitu luas digunakan, keterampilan menghitung analisis statistik sudah banyak diprogramkan dengan komputer. Pada setiap akhir  bab dari modul ini, juga disajikan prosedur penggunaan paket program komputer SPSS (statistical packet for social science). SPSS dipilih karena masih terdapat perintah-perintah yang memberikan sense kepada pengguna prosedur tersebut.
Top Pencarian
Modul ini juga menggunakan komputer dan SPSS. Pada setiap akhir bab dilampirkan cara pengolahan data dengan menggunakan paket program SPSS. Berbeda dengan program statistik yang lain, program SPSS dijalankan semi manual sehingga pembaca masih dapat merasakan atau memperoleh pengalaman dalam belajar.
 Rata-rata dan Sebaran,  Rata-rata merupakan ukuran satistik yang paling penting. Tujuan utama statistik adalah mencari representasi dari suatu sebaran data. Jika orang bertanya berapa nilai rata-rata dari suatu kelas, misalnya nilainya 7 dari skala 10, hal tersebut menggambarkan kualitas mahasiswa pemahaman materi kuliah di kelas itu.  Ada banyak ukuran mengenai representasi data, tetapi untuk ringkasnya akan digunakan pengertian rata-rata.
Sebaran merupakan ukuran lain yang sangat penting di samping rata-rata. Sebaran atau dispersi mengukur rentangan data. Representasi data akan kurang bermakna manakala sebaran sangat besar. Misalnya dalam suatau kelas rata-rata nilai 6, nilai mahasiswa merentang paling rendah 5 dan paling tinggi 7, maka nilai 6 tersebut merupakan representasi yang baik. Di kelas lain, nilai rata-rata 7 tetapi data merentang dari tersendah 1 dan tertinggi 10, nilai 7 tersebut relatif kurang dapat menggambarkan representasi daya serap di kelas tersebut.

0 komentar:

Get This Widget

280 Px

  © Blogger templates The Transformers by Blog Tips And Trick 2009