Arsip Blog

SELAMAT DATANG DI BLOG KU, BERIKAN KOMENTAR MU YA

DAFTAR ISI

Rabu, 11 Januari 2012

Kegunaan Statistika Dalam Ilmu Komputer

Statistika adalah ilmu yang mempelajari statistik, yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana caranya mengumpulkan data, mengolah data, menyajikan data, menganalisis data, membuat kesimpulan dari hasil analisis data dan mengambil keputusan berdasarkan hasil kesimpulan.
Berikut ini beberapa kegunaan statistika dalam ilmu computer:
·        Pengenalan Pola
Pendekatan pengenalan pola ada 3 yaitu secara sintaks, statistik serta melalui jaringan saraf tiruan. Pendekatan secara sintaks ada lah pendekatan dengan menggunakan aturan aturan tertentu, misalnya baju si mamat mempunyai rule sebagai berikut, selalu berwarna Biru, bahannya kaos, bermerek adidas, lengannya lengan panjang dan memiliki berkerah. Jika ada sebuah baju dengan ciri-ciri 90% lebih dari ciri-ciri tersebut dapat dikatakan bajunya mamat dengan toleransi sekitar 10%. Pendekatan metoda statistik adalah pendektan dengan menggunakan data-data yang berasal dari statisik misalnya dalam sebuah pasar saham terlihat kurva pebjualan tertinggi adalah saham A, kemudian disusul saham B dan saham C, apabila seseorang datang kepasar saham tersebut maka orang tersebut dapat dikatakan sekitar 95% orang tersebut membeli saham A, karena berdasarkan kurva saham A memiliki harga tertinggi.
·        Kecerdasan Buatan
Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Buatan didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukan oleh suau entitas buatan. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti apa yang dilakukan manusia.
Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.
·        Statistika merupakan salah satu cara yg dipakai compiler,virtual machine dll

          untuk melakukan optimasi dari program yg di buat, misalnya dengan memilih bagian mana, yg sering di akses dan melakukan sesuatu di situ(misalnya jvm hotspot yg mengcompile bagian dari program java yg di buat dan sering di akses ke native).

0 komentar:

Get This Widget

280 Px

  © Blogger templates The Transformers by Blog Tips And Trick 2009